Saturday, May 11, 2013

Apakah Jin itu...?

Oleh: M. Zunaidi S.Pd.i
Jin adalah makhluk Alloh Subhanahu wa ta'ala yang hidup di alam lain. bukan d alam manusia juga bukan di alam malaikat.
sesungguhnya manusia dan jin memiliki kedudukan yang sama dengan manusia dari sisi ilmu dan pengetahuan baik itu pemahaman tentang ilmu-ilm keduniaan maupun terkait ilmu-ilmu agama.
mereka bangsa jin ini juga di karuniai kemampuan membedakan haq dan bathil.
karena pada dasarnya manusia dan jin di ciptakan untuk beribadah kepada Alloh subhanahu wa ta'ala sebagimana manusia.
Alloh Subhanhu wa ta'ala berfirman :

“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Rasul pada setiap umat (untuk menyerukan): “Beribadalah kepada Allah (saja) dan jauhilah thaghut.” (QS. An – Nahl: 36)

Bangsa Jin ini mereka mampu melihat manusia, namun manusia tak mampu melihat mereka, kecuali manusia-manusia yang menjadikan bangsa syaithon ini menjadi wali-wali mereka.
berikut penjelasan Alloh terkait hal ini : 

Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpim bagi orang-orang yang tidak beriman.(QS: Al A'rof :27 )
Asal-Usul bangsa Jin.
Jin di ciptakan oleh Alloh sebelum Adam As dari Abi yang sangat Panas, Firman Alloh dalam alqur'an :
 "Dan kami telah menciptakan jin (sebelum Adam) dari api yang sangat panas ( QS : Al Hijr : 27) 
Jin hidup layaknya manusia berkelompok-kelompok, bersuku-suku, berniaga dan lain sebagainya.
dan bangsa jin ini memiliki beberapa golongan, ada golongan jin yang berada di udara, ada yang seperti ular dan anjing. sebagaimana sabda nabi :
"Jin itu ada tiga golongan, ada golongan yang beterbangan di udara, ada golongan yang berelaku seperti ular dan anjing (didaratan) dan ada golongan yang menetap, serta yang gemar bepergian 
(hadits Shohih Riwayat :At Thobrani, Al hakim, Al Baihaqi ) 
 

No comments: